Malaysia Klaim Kuda Lumping Adalah Warisan Kebudayaan Mereka

Malaysia Klaim Kuda Lumping Adalah Warisan Kebudayaan Mereka – perdebadatan antara malaysia dengan Indonesia memang tak ada habisnya, pasalnya ke dua negara ini memang mempunyai rumpun yang sama yaitu rumpun melayu. Pada baru – baru ini dalam ajang miss Grand International 2017, Malaysia membawakan pakaian adat mereka dengan membawa anyaman kuda seperti tarian bangsa Indonesia yang membawa anyaman kuda yang kita namakan kuda lumping.

Namun mereka klaim kuda lumping yang mereka sebut dengan kuda kepang adalah seni budaya asli daripada negara malaysia. Secara rasionalis hal itu mungkin saja bisa terjadi mengingat indonesia mempunyai rumpun yang sama dan bahasa yang hampir sama juga yaitu melayu. Namun perdebatan panjang antara indonesia dengan malaysia memang cukup rumit. Menurut kabar yang beredar daripada ada banyak sekali seni budaya milik kita yang di klaim negara malaysia.

Baca Juga : Surgawin

Sebelumnya adalah wayang kulit yang malaysia klaim sebagai warisan budaya mereka. Namun unesco sudah menetapkan jika wayang kulit yang malaysia akui sebagai warisan seni budaya mereka adalah milik daripada Indonesia. Hal ini terjadi karena banyak an orang daripada tanah jawa yang tinggal dan mengadu nasip di malaysia dan menetap di sana sehingga warisan budaya daripada negara tanah air juga ikut terbawa.

Di perbatasan sabah wayang kulit sering sekali di pertunjukan oleh masyarakat sana, ini terjadi karena dahulu banyak sekali masyarakat tanah jawa yang suka memainkan kesenian tradisional ini. Dengan kata lain banyak nya perpindahan penduduk ke negara malaysia membuat adat serta budaya mereka juga bercampur dengan Indonesia dan hal itu sebenarnya wajar terjadi loh.